4/23/2008

menyepelekan hal sepele

kalau di sunda ada istilah "mokaha", kata itu juga kayaknya gak semua orang sunda tahu. tapi buatku kata itu sangat penting dan banyak mengandung makna.
udah jadi kecenderungan orang buat "menyepelekan hal sepele" atau kalau susah dimengerti mungkin aku buat menjadi "menyepelekan hal kecil". tahu tidak, kenapa aku kepikiran menulis artikel ini, cuman karena ada orang yang nggak mematikan ponselnya selagi sembahyang jumat, entah lupa atau males..... tuh lihat, kata cuman yang aku tulis miring.
coba lihat kejadian yang disebabkan ponsel tidak dimatikan saat shalat jumat. jumatan kan harusnya khusu, fokus menghadap kepadaNYA..... dalam keadaan hening kita sujud, tiba-tiba terdengar ringtone "sms" yang dinyanyiin mbak Ana Laila, "--__--**bang sms siapa ini bang, bang sms siapa**--__--" nah, kira-kira apa yang ada di pikiran para jemaah shalat jumat? kan nggak semuanya bisa seratus persen khusu menghadapNYA. so pasti buat yang punya hape mah, dia udah nggak konsen karena hapenya bunyi, entah karena nggak enak ma tetangga berjamaah, atau karena dia lagi nunggu sms dari sang pujaan hati. biarkan si pemilik hape nggak khusu, toh salah dia sendiri, tapi aku? dan para jamaah yang lain? udah mah terganggu shalatnya, boro2 khusu, selama ini juga emang aku nggak ngerasa khusu seratus persen, tapi paling tidak aku bisa memperhatikan bacaan imam dan membaca bacaan di setiap rukun shalat..... sekarang, semuanya serasa buyar, begitu dengar ringtone aja udah ilang konsentrasi, dan selanjutnya sampai mengucapkan salam tanda berakhirnya shalat jumat, masih kepikiran tuh kejadian, shalatku terganggu ringtone..... bayangkan, nggak cuman shalat yang terganggu, bahkan jam kerjaku juga terganggu, buktinya jam15lewat10 aku lagi nulis tentang kejadian itu, kan berarti jam kerjaku dipake nulis blog.
udah ah, itu mah cuman sebagian kecil dari masalah di dunia ini.... nah, tapi ternyata banyak hah berawal dari yang kecil2.... cuman beda dua detik maka korban kereta api melayang tertabrak di rel, cuman karena tenggorokan kering terus meludah di pinggir jalan maka terjadi perang antar kampung (di kota asalku), cuman karena males tekan switch lampu sein buat belok maka ada motor yang nyelonong nabrak mobil, cuman karena males pake jembatan penyebrangan, dan cuman - cuman yang lainnya....
...ah, cuman mau ngambil handuk ke dapur, nggak nyampe dua menit.... kunci mobil mah nggak usah dicabut ..... kira2 apa kejadian yang bisa menimpa tuh mobil???
cuman beda satu detik aja bisa jadi anak, iya gak????

Tidak ada komentar: